Senin, 08 September 2014

Meningkatkan Keterampilan Negosiasi


Meningkatkan Keterampilan Negosiasi

Meningkatkan Keterampilan Negosiasi - Assalamualaikum sobat se-dunia? sudah lama ya saya tidak posting di blog ini he he he, mohon maaf ya karena memang belum sempat update blog ini lagi. Pada kesempatan ini saya ingin berbagi tentang meningkatkan keterampilan negosiasi. Tanpa kita sadari kita semua adalah orang-orang yang hebat dalam negosiasi namun butuh dipertajam lagi agar kita semakin mahir dan terampil untuk negosiasi, kenapa? ya di era globalisasi banyak investor asing masuk ke Indonesia, dan tantangan terbesar untuk kita semua adalah orang asing menguasai keterampilan negosiasi dengan baik dan terampil. Kalau kita tidak mengasahnya dari sekarang kapan lagi dan jangan sampai kita ketinggalan karena kurang mahir dalam negosiasi, ini berlaku untuk semua orang apapun pekerjaannya.

Penting sekali mengasah dan meningkatkan keterampilan negosiasi dalam kehidupan sehari-hari dan di pekerjaan. Karena setiap hari kita dihadapkan dengan negosiasi secara tidak sadar, contoh sederhana, setiap pagi Ibu-ibu belanja kepada tukang sayur pasti ingin mendapatkan sayur kualitas bagus dengan harga murah, maka terjadilah negoisasi tukang sayur akan memberikan harga murah jika membeli dengan jumlah yang banyak sehingga terjadi win win solution yang artinya penjual dan pembeli menang mendapatkan sesuai yang diinginkan.


Contoh lagi bisa kita dapatkan saat negosiasi gaji dengan Owner perusahaan tempat kita akan melamar pekerjaan. Sudah jelas kita disini harus cerdas dan pintar dalam bernegosiasi gaji, dalam negosiasi gaji menurut pengalaman saya jangan kaku dan tidak bergoyang sedikit pun karena itu akan menghilangkan kesempatan sobat untuk mendapatkan pekerjaan. Kita harus yakin dengan keterampilan dan kekuatan yang kita miliki untuk memberikan jaminan kepada perusahaan agar nanti bisa bekerja dengan baik dan jujur. Jika sobat meminta gaji yang tinggi maka sobat harus memberikan karya dan solusi terbaik dan bisa dipertanggung jawabkan di masa yang akan datang. Jadi kedua belah pihak mendapatkan sesuai yang diinginkan dengan hasil memuaskan.

Ada contoh lagi, ini pengalaman saya dalam menjual produk herbal kepada konsumen di seluruh Indonesia. Contoh sederhana: ada konsumen baru yang ingin membeli produk herbal dari www.yandiaht.com dengan harga 200.000/botol dari harga 220.000/botol, maka saya memberikan harga 200.000/botol jika membeli lebih besar dari 6 botol/1 dus. Total yang harus konsumen bayar 1.200.000 + ongkir 5kg = 65.000 (1 hari sampai) = 1.265.000. Kemudian konsumen baru ingin ongkos kirim gratis, nah disini kita diuji kesabaran he he he. Yang saya lakukan adalah memberikan ongkir REG 45.000 dengan waktu pengiriman 1-2 hari dan meminta transfer pembayaran DP 50% dari total 1.245.000 dan barang segera dikirim. Nah untuk lebih lanjut ke tingkat advance saya yakin sobat bisa mengasah terus keterampilan bernegosiasi. Dari ilustrasi diatas penjual dan pembeli sepakat dengan harga dan produk yang sudah ditentukan, cara pengiriman dan cara pembayaran sehingga kedua belah pihak mendapatkan apa yang diiinginkan. Sebagai sales yang baik tidak akan membiarkan konsumen baru meninggalkan begitu saja sebelum membeli produk kita.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat se-dunia, dan tunggu artikel saya selanjutnya pada kesempatan yang akan datang, jangan lupa isi komentarnya ya untuk berbagi pengalaman di sini, terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

Meningkatkan Keterampilan Negosiasi

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar